Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

Wisata Jogja: Museum Di Jogja Ini Tidak Boleh Dilewatkan Saat Liburan!

Wisata Museum di Jogja

Wisata museum di jogja dan pernahkah anda terpikir untuk mengunjungi museum-museum yang ada di Jogja di waktu senggang? Eits! Jangan salah. Museum di Jogja bukan hanya museum yang memaparkan sejarah membosankan dengan pemandangan kumuh layaknya museum-museum tak terawat lain. Di beberapa museum ini, anda bisa menemukan hal-hal baru dan bahkan berfoto ria karena pemandangan museum cukup unik. Pastinya sayang jika tak mengambil foto sebagai kenangan. Tapi ingat ya, jangan sampai keasyikan foto membuat anda lupa untuk menjaga apiknya museum-museum ini dan cerita sejarah yang harus anda ingat untuk diceritakan turun temurun.

Daftar Museum Terbaik di Jogja

Nah, untuk anda yang sudah penasaran museum-museum mana sajakah yang wajib dikunjungi untuk wisata anti-mainstream Jogja, ini dia daftar yang kami punya.

  1. Museum Benteng Vredeburg

Museum ini menduduki peringkat pertama museum di Jogja yang palling terkenal. Terletak di kawasan nol KM Malioboro, menjadikannya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi kala ke Jogjakarta. Benteng Vredeburg adalah benteng yang digunakan oleh Belanda pada zaman dahulu sebagai benteng pertahanan. Terdapat koleksi foto-foto, seragam tentara, dan alat-alat peperangan lainnya yang sangat terawat.

  1. Museum Affandi

Siapa yang tidak mengenal Affandi? Seorang maestro lukis yang karyanya bahkan sudah diakui seluruh dunia. Kini, anda bisa mengenal sosok dan pemikiran Affandi sebagai seorang seniman melalui karya yang dipajang rapi di tiap dinding ruangan-ruangan di museum Affandi Jogja. Terletak di pusat kota tepatnya di Jalan Laksda Adisutjipto, museum ini sekaligus menjadi tempat tinggal sang maestro hingga akhir hayatnya.

  1. Museum Ullen Sentalu

Berbeda dengan Museum Affandi, Museum Ullen Sentalu Jogja terletak di Pakem, Kaliurang. Jika anda penasaran dengan sejarah Raja-Raja Jogja dan Royal Family nya Jogja, museum ini wajib dikunjungi selain Keraton. Bangunan di Ullen Sentalu di desain sangat unik. Memiliki banyak taman, ruang-ruang klasik, dan patung-patung artistic, membuat museum ini memiliki nuansa yang berbeda. Bangunannya pun dibuat kuno dengan kesan mistis Jawa yang kental. Untuk anda yang suka pemandangan berbeda, kunjungan ke Ullen Sentalu direkomendasikan.

  1. Museum Gunung Api Merapi

Gunung Merapi tentu sangat terkenal. Letusan dahsyat terakhir tahun 2010 pun membuat sejarah tersendiri bagi Yogyakarta. Kini hadir Museum Gunung Api Merapi Jogja yang menyimpan sejarah letusan Gunung Merapi, dan semua pengetahuan saintik mengenainya. Tak terkecuali bahan-bahan yang menjadi hasil letusannya seperti bebatuan, pasir, dan lain-lain. Disini ada teater yang memutar film tentang letusan Gunung Merapi untuk menambah pengetahuan anda.

  1. Museum Monjali

Monjali atau yang juga disebut Monumen Jogja Kembali adalah museum yang menjadi simbol perlawanan rakyat Jogja terhadap Belanda. Monumen yang berbentuk seperti gunung atau tumpeng ini menjadi pengingat kembalinya Jogja ke tangan rakyat setelah sebelumnya sempat dikuasai oleh Belanda. Museum Monjali Jogja terdiri dari 3 lantai. Terdapat ruang perpustakaan dan diorama yang menuliskan nama 400 lebih pahlawan termasuk Jendral Soedirman yang terkenal. Saat malam tiba, taman di sekitar museum akan disulap menjadi taman lampion dengan warna-warni lampu dan wahana ramah anak.

  1. Museum Wayang Kekayon

Wayang tidak bisa dilepaskan dari sejarah budaya nenek moyang Indonesia, apalagi Jogja yang sampai saat ini masih sangat menghargai budaya nenek moyangnya. Berwisata ke Jogja tentu tidak lengkap jika tidak menilik sejarah wayangnya di Museum Wayang Kekayon Jogja. Museum Jogja yang satu ini menyimpan banyak sekali koleksi wayang seperti wayang Purwa, wayang Madya, wayang Klithik, wayang Gedhog, dan masih banyak lagi. Mau tahu arti dari nama-nama tersebut? Segera datang ke museum Wayang Kekayon.

  1. Museum Batik

Batik juga jadi salah satu budaya mendunia dari Yogyakarta. Sampai saat ini pun masih banyak jumlah pembatik dan bahkan anak muda pun turut melestarikan seni melukis di kain Primisima. Banyak wisatawan mancanegara yang datang kemari karena tertarik dengan alat serta contoh cara pembuatan batik. Disini anda bisa melihat koleksi 500 lembar batik tulis dengan beragam motif, 560 lembar batik cap, serta berbagai macam canting dan bahan pewarna dan juga wajan yang digunakan sebagai alat untuk membatik.

Baca juga :

 

Demikian wisata museum di jogja. Bagaimana ulasan mengenai museum-museum terkenal di jogja? Menarik bukan? Nah, kini saatnya anda buktikan sendiri apakah kepopulerannya setara dengan keindahan dan keunikan yang bisa anda temukan di dalamnya. Tentunya untuk mendapatkan akomodasi dan waktu-waktu terbaik mengunjunginya, anda dapat menggunakan jasa tour Pamitran atau juga jasa rental mobil motor Jogja. Anda bisa berkonsultasi gratis dengan kami dan kami akan memberikan pelayanan maksimal untuk tour Jogja anda. Kami juga memiliki paket wisata Jogja menarik lainnya yang tidak boleh anda lewatkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: