Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

Tamansari, Menyimpan Banyak Cerita Sejarah

Tamansari, Menyimpan Banyak Cerita Sejarah

Tamansari, Menyimpan Banyak Cerita Sejarah

Objek wisata yang dahulu bekas taman atau kebun istana ini memiliki bangunan yang unik. Selain itu, tempat ini juga menyimpan banyak cerita sejarah. Tamansari yang berlokasi di jalan Taman, Kraton, Yogyakarta, ini buka setiap hari senin sampai minggu pada pukul 09.00-15.30 WIB. Harga tiket yang relatif murah dan bangunan yang terawat dengan baik pun menambah minat pengunjung.

Ketika anda berkunjung ke Tamansari, anda akan melihat beberapa bagian dari objek wisata ini. Daerah Tamansari terdiri 4 bagian seperti danau buatan, Pemandian Umbul Binangun, Pasarean Ledok Sari, dan Kolam Garjitawati. Keempat bagian tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Gedhong Kenongo yang berada di Pulo Kenongo memiliki bangunan yang seperti mengambang di atas air. Sedangkan Umbul Pasiraman yang terletak di bagian kedua mengambarkan sebuah kolam pemandian di masa lampau.

Bangunan  yang Mencerminkan Jaman Kerajaan

Bagian pertama Tamansari  meliputi kompleks danau buatan yang disebut “ Segaran”. Letaknya di bagian sebelah barat. Di dalamnya terdapat Pulo Kenongo, Pulo Cemethi dan Sumur Gumuling. Di area selatan Pulo Cemethi terdapat “ Tajug” yang merupakan ventilasi udara untuk terowongan bawah air. Sumur Gumuling yang berada di sebelah barat Pulo Kenongo dahulu merupakan sebuah masjid.

Bagian kedua terdapat Gedhong Gapura Hageng, Gedhong Lopak-Lopak, Umbul Pasiraman, Gedhong Sekawan, Gedhong Gapura Panggung, dan Gedhong Temanten. Umbul Pasiraman dahulu digunakan sebagai kolam pemandian bagi para putri dan selir. Gedhong Sekawan merupakan tempat istirahat bagi sultan dan keluarganya. Sedangkan Gedhong Temanten dahululu difungsikan sebagai tempat penjagaan.

Di bagian ketiga dari daerah Tamansari terdapat Pasarean Ledok Sari. Tempat ini dahulu merupakan tempat peraduan sultan bersama permaisuri. Bangunannya terlihat seperti huruf “U”. Di area tengah bangunan adalah tempat tidur sultan yang bawahnya mengalir air.

Bagian keempat merupakan sisa dermaga dan bekas jembatan gantung. Pada tahun 1812 di daerah ini terjadi serangan pasukan Inggris ke Keraton Yogyakarta. Di bagian ini tersimpan danau buatan dan kanal besar yang saling berkaitan. Di kanal ini terdapat dua penyempitan yang diduga sebagai jembatan gantung.

Di Tamansari terdapat bangunan yang tampak menyerupai bangunan China. Ini disebabkan karena salah satu selir sultan berdarah Cina jadi mempengaruhi bangunan yang dibuat. Dari cerita tersebut memperlihatkan bahwa pada masa lampau, sultan tidak membedakan ras dan suku.

Keindahan yang Tampak

Kini Tamansari semakin indah ketika melalui beberapa renovasi. Pemugaran pertama dilakukan pada tahun 1977. Renovasi tersebut bukan berarti menghilangkan unsur budaya yang ada di dalamnya. Pemugaran ini bertujuan untuk menata kembali agar tampak indah.

Pada tahun 2004 dilakukan renovasi terakhir. Tempat wisata yang bertemakan warisan budaya kini terlihat lebih baru dan terawat. Pemugaran yang dilakukan membawa bangunan tersebut kembali pada bentuk aslinya.

Saat ini, di dalam Tamansari terdapat toko yang menjual lukisan bergambar wayang. Toko ini juga menjual kain batik. Kita pun dapat melihat perkampungan yang di dalamnya berpenghuni abdi dalem keraton.

Pengunjung yang Datang

Pengujung yang datang di Tamansari semakin meningkat. Selama liburan, pengunjung dapat mencapai sepuluh ribu orang perhari ( berdasarkan koran Kedaulatan Rakyat pada tanggal 1 Januari 2015). Peningkatan pengunjung mulai terjadi pada tanggal 24 Desember 2014.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan liburan mereka di tempat ini. Selain itu, tempat ini juga kerap dijadikan lokasi foto prewedding. Dapat terlihat beberapa pasangan yang memanfaatkan keindahan dan unsur heritage yang terdapat di beberapa tempat Tamansari.

Peningkatan pengunjung juga disebabkan karena biaya tiket yang relatif murah. Dengan uang sebesar Rp 10.000,00, anda dapat masuk ke objek wisata ini. Dengan harga terjangkau, kita juga dapat menikmati fasilitas yang tersedia.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author
  1. Pingback: TAMAN SARI Istana Air penuh Keindahan dan Rahasia – DOLAN NING JOGJA YUK

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: