Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

5 Kuliner Khas Gunungkidul yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Gunungkidul

Gunungkidul adalah kabupaten yang paling terkenal di Jogja apalagi jika musim liburan tiba. Bagaimana tidak? Kabupaten yang satu ini terus menerus melakukan pembenahan yang cukup signifikan diberbagai daerahnya sehingga selalu berhasil membuat dan menemukan tempat-tempat wisata terbaru Jogja. Ini tentunya menambah penambahan tersendiri bagi kota pariwisata, Yogyakarta. Bukan hanya obyek wisata saja yang terus dikembangkan. Kuliner khas Gunungkidul pun menjadi sesuatu yang menarik perhatian wisatawan.

Kenapa menjadi menarik? Karena kuliner khas Gunungkidul juga sangat unik. Bayangkan saja anda memakan belalang goreng. Sensasinya pasti akan membuat pengalaman liburan anda terus teringat. Dan pastinya bukan hanya belalang goreng saja yang jadi menu andalan Gunungkidul. Masih banyak yang lain yang akan kita bahas dibawah ini.

Kuliner gunungkidul

Walang Goreng kuliner khas gunungkidul

Walang atau belalang adalah salah satu hewan yang banyak ditemukan di Gunungkidul dan bisa dijadikan lauk pauk makanan. Tentu ada jenis tertentu dan tidak semua belalang bisa dimakan dan enak rasanya. Belalang goreng yang kaya akan protein ini menjadi makanan unik khas Gunungkidul yang mengantarkan namanya menjadi terkenal seantero Indonesia. Rasanya kuliner gunungkidul ini tentu crispy dan gurih.

Gatot Tiwul Kuliner gunungkidul

Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketela yang dibuat tepung gaplek. Karena dari ketela yang mengenyangkan, masyarakat Gunungkidul sering menjadikan bahan ini sebagai ganti nasi putih. Biasanya akan ditemani oleh gatot yang juga dibuat dari ketela tapi memiliki tekstur yang lebih kasar dari tiwul. Ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah, kuliner khas Gunungkidul yang satu ini wajib dicoba.

Sego Abang

Sego Abang dalam bahasa Jawa artinya adalah nasi merah. Ya, kuliner nasi merah Gunungkidul juga mulai terkenal. Nasi merah yang memiliki rasa manis jauh lebih sedikit dari nasi putih biasa, menjadi pilihan bagi yang menjalankan program diet. Biasanya penyajian kuliner gunungkidul yang satu ini yaitu bersamaan dengan sayur santan dan lauk seperti ayam goreng atau tempe tahu.

Sayur Lombok Ijo 

Sayur Lombok ijo juga khas dari Gunungkidul. Kuah bersantan dilengkapi dengan irisan Lombok hijau, tempe kedelai, dan kacang panjang. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Mungkin juga sedikit pahit ketika mengunyah cabe hijau yang memang terkenal memiliki rasa pahit. Tapi dengan kuah bersantan yang gurih dan lezat, dijamin sayur ini tidak kalah dengan kuliner lain yang wajib dicoba.

Ayam Goreng Gunungkidul

Nah, Gunungkidul juga memiliki kuliner khas yang mengangkat tema ayam goreng. Apa yang berbeda adalah ayam yang dipakai adalah jenis ayam kampung sehingga proteinnya jauh lebih banyak dan dagingnya lebih liat. Rasa ayamnya gurih karena menggunakan rempah-rempah yang lebih lengkap dari ayam goreng biasanya.

Jika anda tertarik mencoba kuliner khas gunungkidul tadi, anda bisa menggunakan Pamitran sebagai agen tour dan travel Jogja anda sehingga anda akan mendapat jaminan rasa yang tak perlu diragukan dan anda pun tak perlu repot-repot mencarinya. Sajian makanan juga dijamin membuat anda ingin tambah dan tambah lagi. Kami juga menyediakan paket-paket yang membuat liburan ke Gunungkidul anda semakin bermakna. Dan ditambah dengan rekomendasi tempat kuliner khas di Gunungkidul, menjadi penawaran terakhir yang pantas untuk dipikirkan.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: