Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

Keunikan Candi Borobudur

Keunikan Candi Borobudur

Keunikan Candi Borobudur

Candi Borobudur letaknya berada di Kota magelang, Jawa Tengah. Candi ini termasuk salah satu candi atau kuil terbesar yang ada di dunia dengan bangunan berbentuk stupa yang terdiri dari 10 tingkat, 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 berbentuk bundar melingkar, dan yang satu adalah stupa utama. Pada setiap tingkatan stupa tersebut terdapat beberapa stupa yang secara keseluruhannya berjumlah 72 stupa selain stupa utama. Pada stupa-stupa tersebut terdapat patung Buddha. Sepuluh tingkatan yang dimiliki oleh stupa pada Candi borobudur tersebut menggambarkan filsafat Buddha mengenai sepuluh Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai satu kesempurnaan pada saat menjadi Buddha di Nirwana. Kesempurnaan tersenut dilambangkan dengan stupa utama yang letaknya berada di tingkat paling atas.

Baca juga :

Struktur dan Filosofi Candi Borobudur

Struktur Candi Borobudur tersebut apabila dilihat dari atas, maka akan membentuk mandala, tentang penggambaran kosmologi Buddha juga pola pikir manusia. selain itu pada empat sisi candi, juga terdapat pintu gerbang dan tangga yang mengarah ke tingkat atas. Hal ini merupakan penggambaran dari filosofi Buddha mengenai semua bentuk kehidupan yang berasal dari bebatuan. Proses ini dikenal dengan istilah reinkarnasi, dimana proses tersebut bermula dari bebatuan yang kemudian digambarkan berubah menjadi pasir, lalu menjadi tumbuhan, kemudian menjadi serangga, binatang liar, binatang peliharaan, dan yang paling terakhir adalah menjadi manusia. Pada proses terakhir dari reinkarnasi adalah menjadi jiwa yang akhirnya akan masuk ke dalam Nirwana, dan setiap proses kehidupan berdasarkan filosofi Buddha ini digambarkan pada relief dan patung yang terdapat diseluruh bagian dari Candi Borobudur.

Sejarah dan Penamaan Candi Borobudur

Menurut sejarah, Candi Borobudur ini dibangun sekitar tahun 800 Masehi yaitu abad ke sembilan yang dibangun oleh para pnganut agama Buddha Mahayana ketika masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Pendiri dari Candi Bobudur ini adalah Raja Samaratugga. Candi Borobudur ini dalam pembangunannya diperkirakan selesai sekitar tahun 900 masehi, tepatnya yaitu pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang merupakan putri dari Raja Samaratungga. Candi Borobudur ini sendiri, dalam kisah turun-temurun diketahui bahwa arsitek yang berjasa dalam pembangunannya tersebut bernama Gunadharma.

Penggunaan nama Borobudur itu sendiri, masih menjadi tanda tanya yang cukup besar, karena banyak pendapat mengenai penggunaan nama Candi ‘Borobudur’ tersebut. Beberapa pendapat diantaranya menyatakan bahwa nama Borobudur bermula dari kata  Bore-Budur seperti yang dikatakan oleh Raffles yang menduga bahwa istilah budur berkaitan dengan istilah Buda dalam bahasa jawa yang berarti ‘purba’. Adapun pendapat lainnya yang bermula dari arkeolog, bahwa nama Budur berasal dari istilah Bhudhara yang memiliki arti gunung. Selain itu, terdapat pula etimologi rakyat yang menyatakan bahwa istilah Borobudur bermula dari ucapan ‘para Buddha’ yang karena pergeseran bunyi berubah menjadi Borobudur.

Peringatan Trisuci Waisak Di Candi Borobudur

Candi Borobudur juga masih sering digunakan sebagai tempat untuk ziarah keagamaan, Seperti halnya kegiatan keagamaan untuk memperingati Trisuci Waisak. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun pada saat bulan purnama penuh tepatnya pada bulan Mei atau bulan Juni ketika tahun Kabisat. Perin gatan Trisuci Waisak ini diperingati sebagai hari kelhiran, kematian, dan sebagai peringatan saat Siddharta Gautama mendapatkan kebijaksanaan tertinggi dengan menjadi Buddha Shakyamuni. Upacara waisak ini bisanya dipusatkan pada tiga candi, dimulai dari Candi Mendut, kemudian Candi Pawon, dan yang terakhir di Candi Borobudur.

Pariwisata Candi Borobudur

Pada saat ini, Candi Borobudur sudah menarik banyak wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja tetapi juga mancanegara. Candi Borobudur selain menjadi tempat suci bagi penganut Buddha, tenpat tersebut juga sekaligus menjadi pusat perayaan tahunan yang paling penting bagi seluruh umat Buddha, yaitu untuk peringatan Trisuci Waisak seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Candi Borobudur juga menjadi salah satu objek wisata dan kebudayaan yang paling utama di indonesia selain bali, dan juga Ibu Kota Indonesia jakarta. Karena borobudur juga menjadi bukti akan kecerdasan dan kehebatan manusia indonesia.

 Obyek wisata di sekitar Candi Borobudur : 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: