Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja

Anda tentu sudah sering mendengar nama Gudeg. Makanan khas Jogja ini terkenal dengan kelezatan dan rasa manisnya yang mungkin bagi pendatang terasa sangat manis. Wisatawan yang datang ke Jogja, pasti ingin mencoba kuliner khas Jogja yang satu ini. Dibuat dari sayur nangka dan diberi lauk pauk yang enak, membuat gudeg akan selalu dicintai oleh siapapun.

Di Yogyakarta sendiri, gudeg biasa menjadi santapan sehari-hari. Dahulu kala masakan ini adalah masakan yang disajikan di Keraton untuk Raja dan keluarganya. Jadi bisa dikatakan bahwa gudeg jogja dulunya adalah makanan royal kerajaan yang sangat disukai Sultan dan isteri serta anak-anaknya. Makanan yang bebahan dasar nangka muda ini ternyata juga punya tiga jenis lho. Nah, baru tahu kan?

Kali ini kita akan membahas seputar gudeg dan dimana mencari gudeg yang enak di Jogja. Ini penting untuk anda yang mau berlibur ke Jogjakarta dan menyantap kuliner khas ini tanpa penyesalan.

Apa Sih Gudeg Jogja Itu?

Sebelum memberikan rekomendasi warung atau rumah makan yang menjual gudeg terenak di Jogja, mari kita simak terlebih dahulu pengetahuan tentang gudeg agar makan anda makin mantap.

Gudeg merupakan makanan tradisional dari Jogja yang bahan dasarnya adalah nangka muda. Nangka tersebut direbus bersama dengan gula kelapa dan bumbu-bumbu lainnya selama beberapa jam. Itulah yang membuat gudeg menjadi sangat manis. Rasa manis ini disesuaikan dengan lidah orang Jogja yang memang menyukai masakan manis.

Untuk menemani makan yang manis-manis, gudeg jogja komplit biasanya akan ditemani oleh sambal krecek yang dibuat dari kulit sapi segar. Lauk pauk dalam gudeg adalah telur rebus, tahu, tempe, dan ayam. Biasanya gudeg dibungkus dengan wadah kotak yang terbuat dari anyaman bamboo disebut dengan besek.

Dahulu kala gudeg yang dikenal di kota Yogyakarta hanyalah gudeg basah. Gudeg berkuah ini tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan gudeg kering. Karena itulaha kuah santan gudeg basah lebih banyak, dan biasa dijual di pagi hari oleh pedagang kaki lima disekitar pasar tradisional Jogja. Sementara itu gudeg kering lebih manis karena kuahnya diasatkan. Proses memasaknya lebih lama sehingga bumbu sangat meresapbahkan sampai ke lauk pauknya. Gudeg kering juga tahan lebih lama hingga 24 jam dan bisa lebih kalau dimasukkan ke lemari es. Gudeg inilah yang digandrungi oleh wisatawan luar Jawa.

Jenis gudeg pun tidak hanya itu saja. Ada juga yang disebut gudeg manggar. Apa gudeg manggar itu? Jika gudeg basah maupun kering berbahan dasar nangka muda, gudeg manggar berbeda dengan keduanya karena dibuat dari bunga kelapa. Rasanya lebih gurih dan belum banyak orang yang menyukai gudge manggar. Meski begitu, sudah mulai ada beberapa warung yang menjual gudeg manggar ini. Jangan salah, gudeg manggar adalah makanan kesukaan Sultan Hamengkubuwono X.

Baca juga 10 kuliner khas Jogja selain gudeg.

Dimana Mencari Gudeg Jogja Enak ?

Setelah mengetahui sedikit tentang gudeg dan jenisnya, sekarang saatnya mengetahui dimana membeli gudeg jogja enak yang sudah jadi rekomendasi wisatawan luar kota maupun masyarakat lokalnya sendiri. Jadi penasaran kan? Berikut daftarnya:

  1. Gudeg Yu Djum 

Gudeg paling enak di Jogja yang pertama dan diakui oleh banyak wisatawan adalah gudeg Yu Djum. Gudeg kering ini manis dan potongan kreceknya kecil-kecil sehingga lebih nikmat untuk disantap. Gudeg ini biasa disajikan di atas piring sederhana dari rotan dan diberi alas daun pisang. Seporsi gudeg lengkap harganya sekitar 10.000 sampai 20.000 rupiah. Seperti di rumah makan modern, di Gudeg Yu Djum anda bisa memesan paket kendil yang terdiri dari 10 telur, satu ekor ayam, dan gudeg beserta kreceknya.

Alamat Gudeg Yu Djum:

  • Jalan Kaliurang Km 4.5 karangasem CT III/22 Yogyakarta
  • Wijilan 31, Yogyakart
  • Laksda Adisutjipto Km. 8.7
  1. Gudeg Wijilan

Selain Gudeg Yu Djum, di Jalan Wijilan banyak terdapat penjual yang menjajakan gudeg enaknya. Wijilan terletak tidak jauh dari Keraton. Jadi kalau anda habis datang ke Keraton dan Tamansari, anda bisa sekalian makan disini. Gudeg Yu Djum juga terdapat disini. Namun yang memprakarsai gudeg Wijilan adalah Gudeg Bu Slamet. Cita rasanya disebut unik karena tidak terlalu manis, sehingga jika anda belum terbiasa dengan makanan manis Jogja anda bisa datang ke warung Bu Slamet ini.

  1. Gudeg Pawon 

Nah, Gudeg Pawon ini biasa disambangi anak muda karena buka hingga tengah malam. Jam bukanya pun baru dimulai sekitar pukul 22.30 WIB. Gudeg Pawon ini khas karena anda akan makan di dapur tradisional. Berbeda dengan gudeg lain yang sudah berbentuk resto atau kios warung makan, gudeg pawon disajikan di sebuah dapur tradisional sebuah rumah dan anda pun akan merasakan sensasi makan gudeg di rumah sederhana ala Jogja. Alamat Gudeg Pawon ada di Jl. Prof. DR. Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Baca juga:

  1. Sate Klathak Pak Pong Kuliner Jogja
  2.  5 Kuliner Khas Kulonprogo Jogja
  3. Resto yang Terkenal di Jogja 
  4. 5 Angkringan Paling Terkenal Seantero Jogja

    4. Gudeg Batas Kota

Sama dengan gudeg pawon, Gudeg Batas Kota juga buka tengah malam. Gudeg ini cukup laris di daerah batas kota tepatnya depan Lippo Mall Jogja. Mulai buka jam 22.00 malam, pelanggan mulai antri disini. Gudeg ini berada tepat di pinggir jalan sehingga tidak susah untuk mencarinya. Anda akan makan lesehan disini dan itulah yang membuatnya unik.

  1. Gudeg Kendil Bu Tjitro

Nah kalau ingin makan gudeg dalam kelompok besar atau ingin merasakan makan gudeg dengan nuansa yang lebih berkelas dan cozy, Resto Gudeg Kendil Bu Tjitro jawabannya. Resto ini terletak di Jl. Janti 330, Yogyakarta, atau berada di seberang gedung Jogja Expo Center yang cukup terkenal. Resto ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto maupun dari Keraton. Yang khas disini adalah gudeg kering dalam kaleng yang bisa dibawa pulang. Ya, gudeg kaleng ini kini sedang naik daun karena bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Jogja. Bisa tahan hingga satu tahun.

  1. Gudeg Permata 

Bernama Gudeg Permata, karena warung gudeg basah yang satu ini berada persis disebelah Bioskop Permata yang dahulu sempat jadi legenda di Jogja. Rasanya sendiri cukup berbeda yaitu gurih dan tidak terlalu manis. Harga gudeg disini hanya sekitar 8.000 hingga 10.000 rupiah. Setiap kali buka, warung ini selalu ramai pengunjung dan antriannya pun kadang tumpah ruah ke jalan umum. Maklum saja, warungnya tepat berada di pinggir Jalan Gadjah Mada. Pengunjung akan merasakan sensasi makan lesehan di gang kecil yang berada di sebelah bioskop. Karena sudah buka mulai tahun 1951, tak perlu diragukan lagi ya kenikmatannya.

  1. Gudeg Mbarek Bu HJ.Ahmad

Ini adalah salah satu warung yang menjual gudeg kering dengan cita rasa uniknya. Terletak di Jl. Kaliurang Km 4.5 dekat dengan fakultas Kehutanan UGM, membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Rasanya manis dan bumbunya pun meresap.

  1. Gudeg Manggar Manding 

Kalau anda bersikeras ingin mencoba gudeg manggar, coba saja ke daerah Bantul. Kabupaten yang satu ini paling banyak menjual gudeg manggar yang terbuat dari bunga kelapa. Yang terkenal adalah Rumah Makan Manggar Manding. Namun selain di daerah tersebut anda bisa mencoba di Gudeg Manggar Bu Hendro yang ada di Jl. Hayam Wuruk dan Gudeg Manggar Bu Jumilan yang ada di Jl. Srandakan KM.8, Bantul, Yogyakarta.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang gudeg jogja terenak dan gudeg jogja terkenal murah. Semoga artikel ini membantu anda. Dan jangan lupa untuk wisata Jogja terbaik dan bagi anda yang ingin mencoba gudeg terenak di Jogja, percayakan semua itu pada Pamitran tour and travel.

Pamitran Tours & Travel
Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
Tel : +62 274 520545
Mobile / Whatsapp : +62 811 263 77 68

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: