Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

8 Festival Unik dan Seru di Jogjakarta

8 Festival Unik dan Seru di Jogjakarta

Para pelancong pencari sensasi pasti tak ingin melewatkan hal-hal unik yang terjadi di kota Jogja, kota yang ramah terhadap wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Selain menjadi pusat ribuan destinasi wisata yang sudah terkenal, Jogjakarta juga menyuguhkan beragam festival yang sayang kalau tidak dimanfaatkan ketika liburan datang. Festival-festival Jogja ini akan membuat pengunjung sejenak lupa kalau sedang berada di kota pendidikan Yogyakarta, karena yang akan ditemukan adalah kesenangan, keramaian, dan sosialisasi dengan banyak orang baru.

Beberapa festival unik di Jogja berikut kami sajikan beserta dengan tanggal biasanya festival digelar agar wisatawan dapat menyesuaikan jadwal liburan jika ingin melihat langsung keunikan festival Jogja yang ada.

Daftar festival unik di Jogja

  1. Festival Grebek dan Sekaten 

Festival unik Jogja yang pertama adalah grebek. Grebek diadakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Gunungan yang terbuat dari hasil alam seperti sayur dan buah akan diarak dari keraton dan kemudian akan diperebutkan oleh warga. Juga akan ada pasar malam Jogja yang sering disebut dengan Sekaten selama seminggu penuh di alun-alun utara. Banyak yang dijual disini mulai dari pakaian dan tentunya jajanan-jajanan Jogja yang menggiurkan. Untuk yang ingin mencoba beragam wahana, jangan khawatir karena wahana permainan di Sekaten bisa untuk anak kecil hingga dewasa.

2. Festival Gamelan Yogyakarta

Yogyakarta Gamelan Festival atau festival gamelan Yogyakarta adalah tempatnya seniman gamelan mempertontonkan seni bermain gamelan modern maupun tradisional. Datang kemari artinya pengunjung akan mengenal alat musik gamelan secara lebih dekat dan beragam kesenian yang bisa dibuat darinya. Mahasiswa asing pun sering mengikuti festival yang sering diadakan di bulan Agustus ini.

3. Festival Kesenian Yogyakarta 

Satu lagi festival unik yang mulai terkenal di kalangan pemuda, yaitu Festival Kesenian Yogyakarta. FKY digelar dari bulan Agustus hingga September. Lokasi FKY ada di Pasar Ngasem lama dan festival ini ramai oleh partisipasi siswa sekolah dan mahasiswa. Yang ada disini adalah panggung seni yang mempertontonkan kesenian dan keahlian para pengisinya, makanan-makanan unik Jogja, dan barang-barang kerajinan khas Jogja. Disini juga ada komunitas-komunitas unik Jogja seperti komunitas radio, komunitas seni rupa, dan masih banyak lagi.

4.  Festival Jajanan Kekoenoan

Nah, kalau yang satu ini cocok untuk penyuka kuliner. Festival jajanan kekoenoan adalah tempat yang tepat untuk mencari jajanan tradisional ala Jogja. Beberapa jajanan bahkan sudah tidak dijual lagi di pasar maupun di tempat-tempat lainnya. Wah, terbayang kan kalau jalan-jalan kemari, keluar pasti perut kekenyangan. Festival jajanan kekoenoan diadakan setiap bulan akhir seperti Oktober atau November dan tiket masuknya seharga 5000 rupiah saja.

  1. Festival Jajanan Kekinian

Rival dari jajanan kekoenoan pastinya jajanan kekinian. Festival yang satu ini cocok untuk penyuka kuliner modern. Kuliner dari luar negeri seperti kuliner jepang, eropa, mexico, hingga daratan asia lain tersaji disini. Jajanan gaul akan dipadukan dengan aktivitas cooking class dan workshop makanan. Lokasinya ada di JEC dan diadakan setiap bulan September atau Oktober.

  1. Festival Golek Garwa 

Festival Golek Garwa atau festival mencari istri atau suami adalah festival seru dan unik Jogja yang terbilang cukup baru. Disini pengunjung bisa menemukan pasangan hidup sejati dan bahkan menikah secara massal. Lucunya, beberapa peserta yang mengikuti festival ini adalah orang asing. Wah, festival ini tentunya selain mengejutkan sangat lucu untuk ditonton ya.

  1. Festival Melupakan Mantan 

Ini dia festival unik ala Jogja yang tidak akan terlupakan, yaitu festival melupakan mantan. Disini adalah tempat bagi para pengunjung yang ingin menyumbangkan barang-barang pemberian mantan agar proses melupakan cinta yang sudah berlalu bisa menjadi lebih cepat. Ada juga pertunjukkan seni yang dijamin akan membuat proses melupakan menjadi makin cepat. Diadakan setiap tanggal 13 Februari, sangat cocok untuk merayakan valentine 14 Februari di Jogja dengan hati yang enteng dan gembira akibat mantan sudah terlupakan.

  1. Festival Jomblo

Festival terakhir adalah festival Jomblo. Diadakan setiap tanggal 14 Februari, festival satu ini mendukung kegiatan para jomblo agar hari valentine nya tidak berakhir singkat dan menyedihkan. Para jomblo bahkan bisa saling berkenalan dengan tujuan agar lawan jenis yang masih belum memiliki pasangan bisa mendapatkannya dari biro jodoh semacam ini. Yang jomblo silahkan datang dan buktikan sendiri keseruannya.

Jadi, yakin mau ke Jogja tanpa menikmati festival unik yang diselenggarakan? Jangan sampai liburan jadi terasa kurang ya karena tidak menjadi partisipan festival-festival unik Jogja di atas. Setidaknya pulang membawa sejuta cerita seru yang tidak akan didapat di daerah lain di Indonesia. Dan jangan lupa kunjungi festival-festival tersebut bersama Pamitran.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: