Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

Jangan Ngaku Pernah ke Jogja Kalau Belum Mencoba 5 Kuliner Khas Kulonprogo Jogja Ini

Jangan Ngaku Pernah ke Jogja Kalau Belum Mencoba 5 Kuliner Khas Kulonprogo Jogja Ini

Pasti pernah dong ya mendengar nama Kulonprogo? Ya, salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta ini juga menjadi pusat destinasi wisata selain Gunungkidul. Tentu tiap kabupaten memiliki ciri khas dan kulinernya masing-masing. Seperti di Kulonprogo ini, ada yang dinamakan geblek dan benguk santan yang menjadi kuliner khas Kulonprogo. Tentu saja bukan hanya dua makanan tadi yang jadi kuliner khas. Mau tahu apa saja yang lainnya? Simak berikut ini.

5 Kuliner Khas Kulonprogo Jogja

Geblek 

Geblek adalah makanan khas Kulonprogo yang paling terkenal karena sering disajikan di warung-warung maupun tempat makan sebagai cemilan. Geblek Kulonprogo dibuat dari ketela pohon. Jika dimakan rasanya kenyal dan gurih. Beberapa geblek diisi oleh tempe. Biasanya geblek berbentuk empat lingkaran kecil yang bergandengan.

Benguk Santan Tempe

Makanan ini terbuat dari tempe tolo yang kemudian diberi bumbu santan agar rasanya nikmat. Dulu kuliner ini disajikan dalam bungkus yang agak besar karena ukuran tempenya pun besar. Namun saat ini, benguk santan dijual dalam bungkus pisang kecil sehingga bisa dijadikan cemilan atau teman makan. Banyak warung apalagi yang di pinggir jalan yang menjual benguk santan ini.

Peyek Undur-Undur 

Kalau peyek undur-undur adalah makanan khas di Pantai Glagah Kulonprogo. Jika peyek biasanya memiliki topping kacang tanah atau teri, peyek disini punya topping undur-undur, yaitu hewan yang biasa ditemukan di tepi pantai yang kalau berjalan mundur. Rasa yang sangat gurih akan memenuhi lidah, dan tentu saja rempah-rempah khas Indonesia akan membuat anda tak bisa berhenti makan. Dalam paket Pamitran, jika anda mengunjungi Kulonprogo pasti akan mampir ke Glagah sehingga anda bisa sekalin mencicipi peyek undur-undur ini.

Growol

Apa itu growol? Growol adalah makanan khas Kulonprogo yang terbuat dari singkong. Tapi singkong yang digunakan yang tidak terlalu berair. Karena kalau singkongnya mengandung lebih banyak air, growol akan jadi cepat basi. Growol ini makanan tradisional yang sampai saat ini masih eksis.

Baca juga:

  1. Gudeg Jogja
  2. 3 tempat kuliner di jogja yang murah meriah dan enak
  3. Resto yang Terkenal di Jogja Dan Menjadi Tempat Makan Wajib Di Yogyakarta

Cenil 

Kalau datang ke Yogyakarta, wisatawan akan sering mendengar nama cenil. Cenil adalah jajanan khas Kulonprogo yang diberi taburan kelapa dan gula aren cair diatasnya. Bentuknya bulat kecil dan kenyal. Warna-warni yang cerah membuat calon penyantap semakin tertarik tentunya. Cenil juga adalah salah satu makanan yang dibuat dari ketela pohon.

 

Bagaimana? Tertarik mencicipi satu persatu dari makanan di atas? Tentu saja. Semua makanan khas Kulonprogo Jogja ini memang sudah terkenal enak. Kalau anda penyuka tur kuliner Jogja, anda harus mencoba menyambangi tempat-tempat yang menjual menu-menu diatas. Sayang kan kalau sudah puas main ke destinasi wisata terkenal di Kulonprogo tapi tak sekalian merasakan nikmatnya jajanan kuliner disini? Jadi tunggu apalagi. Ayo rasakan tur kuliner Kulonprogo ini bersama Pamitran jogja.

Baca juga:

  1. Wisata Kuliner di Jogja
  2. Menelusuri Kuliner yang Enak dan Terkenal di Yogya
  3. Cicipi Kuliner Khas Gunungkidul Jogja

Pamitran Tours & Travel
Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
Tel : +62 274 520545
Mobile / Whatsapp : +62 811 263 77 68

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: