Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

10 Kuliner Khas Jogja, Sedapnya Tak Tertahankan

10 Kuliner Khas Jogja, Sedapnya Tak Tertahankan

Berlibur ke Jogja tentu terasa kurang kalau hanya menjelajahi destinasi wisatanya yang unik tanpa mencoba kuliner khas Jogja yang beberapa bahkan sudah terkenal seperti bakmi jawa, gudeg, atau angkringan. Nah, kalau anda tak mau melewatkan momen bertemu dengan masakan asli Jogja, anda bisa menggunakan Pamitran tour and travel agent agar liburan anda semakin menyenangkan dan apapun yang anda inginkan tidak terlewatkan.

Tentu saja, yang terkenal dari Yogyakarta bukan hanya gudeg-nya saja. Ada berbagai makanan khas Jogja selain gudeg juga. Lalu, apa saja makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan wajib dicoba? Berikut ada rekomendasi 10 kuliner khas Jogja yang wajib untuk dirasakan.

  1. Gudeg 

Gudeg adalah masakan andalan Jogja yang sangat terkenal. Gudeg dibuat dari nangka muda yang dimasak dan diberi kuah manis. Lauk pauk didalamnya biasanya adalah telur ayam, daging ayam, dan tahu. Memakan gudeg biasanya ditemani dengan krecek yang rasanya pedas. Yang terkenal untuk mencari gudeg adalah kawasan Wijilan dekat Keraton. Ada juga gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon, dll.

  1. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah nasi dan sayur mayur yang diberi saus kacang yang rasanya manis. Lauknya biasanya adalah tempe mendoan, telur rebus atau telur mata sapi, ayam goreng, atau bacem tempe tahu.

  1. Sate Klathak 

Nah, untuk anda penyuka sate kambing harus coba sate klathak Pak Pong ini. Apa sih sate klathak itu? Sate ini dibuat dari daging kambing yang ditusukkan ke jeruji besi. Wah, unik ya? Jika sate biasanya ditusuk dengan tusuk dari bamboo, sate klathak menggunakan jeruji besi yang dinilai lebih gampang untuk memasak ketimbang tusuk bamboo.

  1. Kopi Joss

Minuman ini sedang digandrungi anak muda karena unik. Kopi akan diberi arang bekas pembakaran yang menyebabkan minuman berbunyi ‘joss’ pada awalnya. Arang ini menambah rasa nikmat dan kental pada kopi maupun kopi susu. Selain kopi joss, anda bisa sekalian mencoba makan ala angkringan yang juga sedang naik daun.

  1. Bakmi Jawa 

Bakmi jawa jadi terkenal karena cara memasaknya yang unik. Penjual menggunakan anglo yang terbuat dari tanah liat sebagai kompor serta arang sebagai bahan bakarnya. Tentu saja, alat-alat yang sederhana iniliah yang membuat bau dan rasa bakmi jawa berbeda dengan yang dimasak menggunakan kompor gas.

  1. Jejamuran

Wisatawan yang datang ke Jogja juga suka berburu makanan yang terbuat dari jamur. Di resto Jejamuran, anda bisa menemukan banyak menu makanan dan bahkan minuman yang terbuat dari beragam macam jamur. Disini anda juga bisa melihat-lihat koleksi jamur yang sering digunakan untuk makanan dan minuman.

  1. Gudeg Manggar

Berbeda dengan gudeg biasa yang terbuat dari nangka, gudeg manggar terbuat dari bunga kelapa yang disebut dengan manggar. Sajian ini dahulu kala menjadi sajian ala kerajaan karena berkhasiat untuk kecantikan serta kesehatan. Wah, sekali-kali yuk cicipi makanan royal ala Keraton Jogja.

  1. Brongkos 

Salah satu makanan favorit kerajaan selain gudeg adalah brongkos. Brongkos terbuat dari kuah santan kental berwarna hitam dipadukan dengan kaldu daging segar, tempe, tahu, dan kacang tolo. Biasanya juga ditambah dengan telur rebus. Bisa berwarna hitam karena kuahnya menggunakan bahan keluwak.

  1. Mangut Lele

Jika mangut lele dimasak biasa menggunakan kompor, cobalah mangut lele Mbah Marto yang memasak lele mangutnya menggunakan tungku kuno dan kayu bakar. Terbayang rasa pedas, gurih, dan kekentalan kuah mangut yang kuning didepan mata.

  1. Oseng Mercon

Namanya lucu. Oseng Mercon. Tentu bukan karena diberi mercon sungguhan. Diberi nama oseng mercon karena oseng-oseng Jogja ini sangat pedas. Oseng mercon terbuat dari gajih, tulang muda, kikil, kulit yang dicampur dengan cabe rawit. Anda juga bisa menemukan menu babat, bebek, dan rempelo di dalamnya. Wajib dicoba untuk penyuka makanan pedas dan jeroan.

Itu dia 10 kuliner khas Jogja yang terkenal untuk anda yang ingin mengisi perut selama di kota Yogyakarta dengan menu makanan yang berbeda dari yang biasanya. Jika anda berlibur kemari, jangan lupa untuk mencari makanan dan minuman khas tersebut ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: