Pertemanan | Friendship
info@pamitrantours.com
Tel : 0274520545 | Whatsapp : 08112637768

10 Bangunan Tua di Jogja untuk Wisata Budaya Yogyakarta Unik dan Menarik

10 Tempat Hunting Bangunan Tua di Jogja

Yogyakarta memang tidak memiliki kawasan kota tua seperti yang ada di Jakarta maupun Semarang. Tapi bukan berarti tidak ada bangunan tua yang bisa dinikmati atau dijadikan tempat wisata disini. Untuk anda penikmat sejati bangunan kuno, anda pasti akan mencari sensasi wisata budaya di Jogja. Yang dimaksud wisata budaya adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan bahkan bangunan-bangunan kuno yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Dan tempat-tempat wisata budaya di yogyakarta tersebut tentu saja bukan hanya museum.

Ingin berkeliling kota tua ala Jogja? Berikut kami punya daftar destinasinya. Pastikan anda kemari dengan orang kesayangan dan Pamitran tour and travel Jogja.

10 Bangunan Tua di Jogja untuk Wisata Budaya Yogyakarta Unik

  1. Benteng Vrederburg 

Siapa yang tidak mengenal benteng bangunan Belanda di Jogjakarta ini? Namanya tak lekang oleh waktu dan badan gedungnya pun masih berdiri kokoh hingga detik ini. Benteng yang terletak di sebelah Pasar Beringharjo ini menjadi bangunan tua di Jogja yang wajib dikunjungi. Kini keadaannya pun semakin terawat. Sangat cocok juga untuk anda yang ingin foto-foto ala vintage.

  1. Gedung Agung

Kalau anda menyeberang dari Benteng Vrederburg, anda akan menemukan Gedung Agung yang dahulu merupakan bangunan yang diperuntukkan residen-residen Belanda. Saat ini Gedung Agung digunakan untuk menerima tamu kehormatan. Dahulu juga, tempat ini menjadi istana negara saat ibukota sementara dipindah ke Yogyakarta. Kalau anda ingin memasuki Gedung Agung, pastikan mengurus izin dahulu jauh-jauh hari.

  1. Kompleks Keraton

Kompleks Keraton juga sering jadi tujuan utama wisata berbudaya Jogja. Untuk anda pencari bangunan tua di Jogja, pastinya harus datang kemari. Keraton menyajikan beragam cerita mulai dari terbentuknya kota Yogyakarta, perjuangan para Raja nya, dan posisinya saat ini setelah bergabung dalam NKRI. Datang kemari anda akan disajikan bangunan tua Keraton yang luas. Sangat direkomendasikan pula anda berjalan-jalan ke kampung-kampung sekitar Keraton karena beberapa rumah masih berarsitektur kuno.

  1. Tamansari Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam kalibiru

Beranjak sedikit dari Keraton, anda bisa mengunjungi Tamansari. Tempat ini merupakan istana air yang dahulu digunakan keluarga Kerajaan untuk mandi. Dan karena Tamansari dibangun di tengah perkampungan, sangat asyik kalau anda juga mengunjungi jalan-jalan kecil untuk melihat rumah-rumah lokal warga yang sangat berseni tinggi. Anda pun bisa permisi untuk berfoto di rumah warga yang memiliki bangunan kuno.

Gedung Tua di Jogja

  1. Kotagede

Bukan hanya kawasan Tamansari dan Keraton. Untuk menemukan gedung tua di Jogja anda bisa ke Kotagede. Terkenal sebagai pusat pembuatan perhiasan perak asli Jogja, nyatanya tempat ini sering disebut oleh beberapa wisatawan sebagai kota tua di Jogja. Kenapa? Karena ada banyak bangunan bersejarah dan perkampungan dengan tema kuno. Datanglah ke Makam Raja-Raja Kotagede dan Masjid yang ada berdekatan dengannya. Jalan-jalan santai atau bersepeda melewati jalan perkampungan juga sangat disarankan. Kalau anda beruntung, anda bisa menemukan lokasi pintu rumah tua yang sering dijadikan background foto.

  1. Benteng Baluwerti 

Benteng Baluwerti dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II semasa ia masih menjadi Putra Mahkota. Benteng Baluwerti merupakan sebuah benteng persegi bertembok tebal dan bagian bawahnya membentuk terowongan pendek atau plengkung, sehingga salah satu benteng sering disebut saat ini dengan Plengkung Gadhing. Bangunan tua untuk foto di Jogja yang satu ini masih eksis sampai sekarang.

  1. Kawasan Pecinan Malioboro

Kembali ke kawasan Malioboro, ada kawasan pecinan yang juga menjadi saksi bisu tradisi dan budaya kehidupan Yogyakarta masa lampau. Beberapa bangunan tentu saja masih terlihat kuno dan inilah yang menjadikan kawasan pecinan Malioboro didatangi pejalan kaki yang penasaran dengan tempat tersebut. Untuk mencarinya sangat mudah karena ada gapura penanda yang sangat besar dengan arsitektur khas Tiongkok.

  1. Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu adalah museum yang terkenal di Jogja karena bangunan klasiknya. Benar-benar berkesan tua meski dibangun di masa modern, sangat cocok dengan cerita masa lampau Kerajaan Mataram Islam dan Kesultanan Keraton Ngayogyakarta. Lokasi museum ini ada di Kaliurang dan merupakan salah satu wisata gedung tua di jogja.

  1. Pabrik Gula Madukismo 

Pabrik Gula Madukismo adalah pabrik gula tertua di Yogyakarta. Tak jarang tempat ini menjadi destinasi wisata wajib dan salah satu tempat wisata edukasi di Jogja. Pabrik yang masih beroperasi hingga kini ini, dulu pernah menjadi saksi ganasnya pertempuran masyarakat Jogja melawan penjajahan Belanda.

  1. Makam Raja Imogiri

Selain makam Raja Kotagede, Jogja punya Makam Raja-Raja di daerah Imogiri. Makam ini dikenal unik karena memiliki anak tangga yang sangat banyak untuk menaiki lokasi pusat pemakaman yang berada di atas bukit. Untuk masuk ke dalam makam, anda juga harus mengenakan pakaian adat setempat seperti kemben batik tradisional untuk wanita dan surjan untuk pria. Tenang saja, pakaian tersebut sudah disediakan disana dan bisa disewa.

Objek Wisata Budaya di Jogja

Itu tadi beberapa tempat pusat wisata budaya Jogja atau daftar wisata budaya di jogja. Semoga artikel ini dapat menambah tempat wisata di Jogjakarta yang ingin anda kunjungi ketika liburan. Untuk lebih nyamannya, anda bisa menggunakan tour dan travel Pamitran yang akan mengantar anda kemanapun tempat yang anda inginkan.

Pamitran Tours & Travel
Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
Tel : +62 274 520545
Mobile / Whatsapp : +62 811 263 77 68

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About the Author

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: